Analisa Pengaruh Letak Lightning Arrester untuk Memproteksi Trafo Daya Terhadap Tegangan Lebih

Andika Putra, Andik Bintoro, Teuku Multazam

Abstract


Seiring dengan meningkatnya konsumen energi listrik di Indonesia, penyaluran energi listrik kepada konsumen di harapkan dapat berjalan dengan lancar. Sistem transmisi dan Gardu Induk merupakan sarana untuk menyalurkan tenaga listrik dari pembangkit hingga ke konsumen, tapi pada kenyataannya jaringan transmisi rentang terhadap gangguan, baik dari internal dan eksternal. Salah satu bentuk gangguang yang sering di alami yaitu gangguang eksternal dan salah satu contohnya ialah gangguang dari petir yang sering kali menyambar jaringan transmisi dan mengakibatkan kerusakan yang fatal bagi peralatan jika tidak di lindungi. Oleh karena itu diperlukan sistem proteksi untuk menangkal gangguan yang sering terjadi. Salah satu bentuk proteksi dari gangguang petir ialah menggunakan lightning arrester, lightning arrester berfungsi untu mengalirkan arus surja petir yang datang kemudian akan di bumikan, sehingga peralatan aman dari gangguang petir. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui jarak pemasangan lightning arrester yang efektif pada gardu induk dan melihat besarnya arus petir yang dipotong oleh arrester yang terpasang dengan menggunakan software EMTP. Hasil perhitungan yang didapat bahwa jarak yang efektif untuk pemasangan arrester pada Gardu Induk adalah sejauh 10 m dari trafo daya.


Keywords


Analisa; Pengaruh Letak Lightning Arrester; Proteksi Trafo Daya; Tegangan Lebih.

Full Text:

PDF

References


I. Nugroho, S. Handoko, and K. Karnoto, “OPTIMASI PENEMPATAN ARRESTER TERHADAP TEGANGAN LEBIH TRANSIEN PADA TRANSFORMATOR DAYA DENGAN METODE ALGORITMA GENETIKA,” Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, vol. 16, no. 4, pp. 206–213, Nov. 2014, doi: 10.12777/TRANSMISI.16.4.206-213.

R. Nurhaidi and M. Rajagukguk, “‘PENENTUAN LETAK OPTIMUM ARRESTER PADA GARDU INDUK (GI) 150 kV SIANTAN MENGGUNAKAN METODE OPTIMASI", JEE. 2010.

I. Hajar, E. Rahman, T. Elektro, and S. Tinggi Teknik PLN Jakarta, “KAJIAN PEMASANGAN LIGHTNING ARRESTER PADA SISI HV TRANSFORMATOR DAYA UNIT SATU GARDU INDUK TELUK BETUNG.”

R. Zoro, “INDUKSI DAN KONDUKSI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK AKIBAT SAMBARAN PETIR PADA JARINGAN TEGANGAN RENDAH,” 2009.

R. Agustian, “Analisa Penempatan Jarak Arrester Sebagai Proteksi Transformator Terhadap Tegangan Lebih Surja Petir,” EPSILON: Journal of Electrical Engineering and Information Technology, vol. 16, no. 1, pp. 5–8, Apr. 2018, Accessed: Nov. 13, 2022. [Online]. Available: http://epsilon.unjani.ac.id/index.php/epsilon/article/view/11




DOI: https://doi.org/10.52626/joge.v1i1.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E - ISSN : 2964-2655